Home / DAERAH / TUBABA

Rabu, 29 Mei 2024 - 19:05 WIB

Penilaian Lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K3W, lebih kepada pembinaan kepada PKK Kecamatan dan Tiyuh

Tubaba: jarilampung.com–
Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)/Ketua Dekranasda Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Dra. Hanita Fahrial Firsada, M.Si menghadiri, Penilaian Lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K3W, di Aula Kecamatan Tulang Bawang Udik, Tubaba, Rabu (29/5/2024).

Lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K3W (Kandang Kebun Kolam dan Wisata) tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 15 Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Penilaian (Evaluasi) Program PKK oleh Tim Penilai Kabupaten Tulang Bawang Barat dilakukan di 9 Kecamatan yang ada di Tubaba, dalam rangka lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K31W.

“Penilaian ini sebenarnya lebih ke pembinaan, bagaimana program PKK yang ada di kecamatan dan tiuh dijalankan, secara sinergis antara Ketua Penggerak PKK Kecamatan dengan Penggerak PKK Tiyuh/Kelurahan dan anggotanya, secara bersama-sama tidak hanya dilakukan sendiri oleh Ibu camat atau Ibu Keppalo Tiyuh.” ujar Hanita dalam sambutannya.

Baca Juga :  Pererat Silaturahmi Babinsa Serma Ari Setiawan Komsos Bersama Warga Wilayah Binaan

Penilaian dimaksud, lanjut Hanita melihat bagaimana sinergitas antara penggerak PKK Kecamatan dengan Penggerak PKK Tiyuh/Kelurahan dan kordinasi dengan PKK Kabupaten.

Dikatakan Hanita, Tim Penilai telah memantau K3W di Tiyuh Gading Kencana
yang menurutnya telah lama dilakukan oleh PKK Gading Kencana, dengan memanfaatkan halaman rumahnya untuk menanam sayuran untuk keluarga.

“Yang kita harapkan dari K3W ini lebih kepada pemberdayaan, bagaimana PKK Tiyuh juga bisa memanfaatkan hasil kebun dipekarangan warga untuk mencegah Stunting, dengan diberikan kepada Balita yang ada di Tiyuh setempat” terangnya lagi.

Diketahui, Lomba Administrasi PKK, Posyandu dan K3W ini bertujuan untuk pembinaan dan evaluasi terhadap pelaksanaan dan inovasi pencapaian 10 Program PKK di Kecamatan, pemberdayaan masyarakat serta pemberdayaan keluarga sebagai upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan peningkatan kinerja Penggerak PKK Kecamatan dan Tiyuh.

Baca Juga :  Bupati dan Wakilnya Hadiri Rapat Persiapan Peresmian Lamban Pancasila

Sementara ditempat yang sama Ketua Penggerak PKK Kecamatan Tulang Bawang Udik Umi Kalsum mengatakan dari 13 Tiyuh yang ada di Tulang Bawang Udik, semuanya memiliki K3W, namun dalam penilaian ini, PKK Kecamatan Tulang Bawang Udik, memilih Tiyuh Gading Kencana.

“Kami pilih Tiyuh Gading Kencana sebagai obyek penilaian karena warga Gading Kencana sudah sejak lama berkebun di pekarangannya. Bukan karena setelah adanya program K3W.” ujar Ummi Kalsum menjelaskan.

Ketua Penggerak PKK Kecamatan TBU ini juga mengatakan, 13 Tiyuh di Kecamatan TBU telah memiliki UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga).

“Hanya saja yang saya ikutkan dalam penilaian dalam Lomba UP2K ini dipilih 4 (empat) Tiyuh, Gedong Ratu (kerajinan anyaman Tikew), Kagungan Ratu, Ratu Agung dan Tiyuh Marga Kencana.” pungkasnya.(A)

Berita ini 7 kali dibaca

Share :

Baca Juga

DAERAH

Showroom Daihatsu Manjadi Incaran Komsos Babinsa Kelurahan Jajar, Ini Alasannya

DAERAH

Safari Ramadhan, Pj. Bupati Nukman: Sebagai Ajang Silaturahmi dan Menyerap Aspirasi Masyarakat

DAERAH

Pelaku Curanmor di Rawa Jitu Selatan Diringkus Polisi

DAERAH

Tak Ada Perbedaan, TNI Dan Warga Nikmati Makan Siang Bersama di Lokasi TMMD

DAERAH

Bag SDM Polres Tulang Bawang Sosialisasikan Rekrutmen Polri Penerimaan Terpadu TA 2022

DAERAH

SMAN 1 TBT Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Bandar Lampung

DPP KAMPUD Dampingi Penyerahan Ijazah dan BPKB Dari PT WA Ke Eks Karyawan

DAERAH

Bhabinkamtibmas Polsek Medan Helvetia Dampingi BIN Door To Door Vaksin Warga Binaannya