Home / DAERAH / EKBIS / TUBABA

Jumat, 3 Desember 2021 - 20:43 WIB

Peringati BMPN, Dinas Pertanian Tubaba Serahkan Bibit untuk Program Satu Tiyuh Satu Varietas

Jarilampung.com – Tubaba:(SMSI-lpg),
Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba menyerahkan bibit tanaman buah alpukat kepada warga Tiyuh Gunung Katun Tanjungan, Kecamatan Tulangbawang Udik, Jum’at 03/12/2021.

Penyerahan dilakukan oleh Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba, Yayit Zamhuri yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Tubaba kepada Laily, Kepalo Tiyuh Gunung Katun Tanjungan.

Penyerahan bibit itu merupakan bagian dari program “Satu Tiyuh (Desa) Satu Varietas” atau One Tiyuh One Varietas (OTOV), yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tubaba, yaitu setiap desa (Tiyuh) diarahkan untuk ditanami satu jenis tanaman buah sebagai komoditas andalan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba, Yayit Zamhuri menjelaskan, tahun ini Dinas Pertanian Tubaba memberikan bantuan 4.500 bibit tanaman buah alpukat yang disebar di 5 Tiyuh di 4 kecamatan, yaitu Tiyuh Gunung Katun Tanjungan dan Gading Kencana (Kecamatan Tulang Bawang Udik), Tiyuh Pagar Jaya (Kecamatan Lambu Kibang), Tiyuh Pagar Buana (Kecamatan Way Kenanga), dan Tiyuh Toto Katon (Kecamatan Batu Putih).

Baca Juga :  DPRD Rapat Paripurna Pembicaraan Tingkat II Raperda Tentang APBD-P Tahun Anggaran 2022

Untuk Tiyuh Gunung Katun Tanjungan mendapatkan alokasi sebanyak 1.000 bibit yang diserahkan pada Jumat (03/12/2021), yang sekaligus menandai peringatan Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN) tahun 2021.

“Semua bibit yang dibagikan diharapkan dapat tumbuh dengan baik, dan ke depannya akan memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat baik secara ekonomi maupun sisi ekologis dan keindahan lingkungan sekitar”. Ujar Yayit.

Baca Juga :  Sol Pos Berkerja Sama Dengan Dewan PERS Adakan UKW di Lampung

Di sela-sela acara penyerahan tersebut, Yayit Zamhuri juga menjelaskan bahwa penyerahan bantuan bibit tersebut di samping menyukseskan BMPN, juga sekaligus sebagai perwujudan nilai-nilai kehidupan masyarakat Tubaba yaitu nemen (kerja keras), nedes (ulet), dan neremo (ikhlas) atau disingkat nenemo, serta sederhana, setara, dan lestari (SSL) sebagaimana yang digaungkan oleh Bupati Tubaba Umar Ahmad.

Bupati Tubaba Umar Ahmad mengedepankan konsep pembangunan yang mengutamakan keseimbangan dan kelestarian alam, sehingga nantinya Kabupaten Tubaba tetap dapat menyuplai air dan oksigen yang cukup bagi kehidupan manusia, di antaranya dengan banyak menanam pohon. (Red)

Berita ini 7 kali dibaca

Share :

Baca Juga

DAERAH

Pisah Sambut Kapolres Kab Tubaba Penuh Rasa Haru

Bandar Lampung

Tahan Bupati Musi Banyuasin, Lembaga KAMPUD Apresiasi dan Beri Dukungan Ke KPK

DAERAH

BAZNAS Tubaba dan BPBD Berserta Camat Tinjau Rumah Atapnya Ambrol

DAERAH

Samapta Polres Tulang Bawang Gelar Patroli Presisi Pada Jam-Jam Tertentu

DAERAH

Pj Bupati Firsada Pimpin Apel Besar Peringati Hari Pramuka ke-62

DAERAH

Ketua PERWOSI Kab Lambar Buka Secara Resmi Turnamen POP Bola Volley

Bandar Lampung

Sertu Sepri Mulyadi Hadiri Pembekalan Dewan Kerja Gerakan Pramuka Ranting Panjang

DAERAH

Puan: Jangan Ada Kompromi untuk Prokes Karantina !!!