Home / DAERAH / EKBIS / TUBABA

Jumat, 3 Desember 2021 - 20:43 WIB

Peringati BMPN, Dinas Pertanian Tubaba Serahkan Bibit untuk Program Satu Tiyuh Satu Varietas

Jarilampung.com – Tubaba:(SMSI-lpg),
Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba menyerahkan bibit tanaman buah alpukat kepada warga Tiyuh Gunung Katun Tanjungan, Kecamatan Tulangbawang Udik, Jum’at 03/12/2021.

Penyerahan dilakukan oleh Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba, Yayit Zamhuri yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Tubaba kepada Laily, Kepalo Tiyuh Gunung Katun Tanjungan.

Penyerahan bibit itu merupakan bagian dari program “Satu Tiyuh (Desa) Satu Varietas” atau One Tiyuh One Varietas (OTOV), yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tubaba, yaitu setiap desa (Tiyuh) diarahkan untuk ditanami satu jenis tanaman buah sebagai komoditas andalan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba, Yayit Zamhuri menjelaskan, tahun ini Dinas Pertanian Tubaba memberikan bantuan 4.500 bibit tanaman buah alpukat yang disebar di 5 Tiyuh di 4 kecamatan, yaitu Tiyuh Gunung Katun Tanjungan dan Gading Kencana (Kecamatan Tulang Bawang Udik), Tiyuh Pagar Jaya (Kecamatan Lambu Kibang), Tiyuh Pagar Buana (Kecamatan Way Kenanga), dan Tiyuh Toto Katon (Kecamatan Batu Putih).

Baca Juga :  Komsos Dengan Pedagang Pasar Tradisional Babinsa Sudiroprajan Sisipkan Pesan Prokes

Untuk Tiyuh Gunung Katun Tanjungan mendapatkan alokasi sebanyak 1.000 bibit yang diserahkan pada Jumat (03/12/2021), yang sekaligus menandai peringatan Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN) tahun 2021.

“Semua bibit yang dibagikan diharapkan dapat tumbuh dengan baik, dan ke depannya akan memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat baik secara ekonomi maupun sisi ekologis dan keindahan lingkungan sekitar”. Ujar Yayit.

Baca Juga :  Kodim 0728/Wonogiri Gelar Upacara Bendera Perdana, Berikut Penyampaian KASAD

Di sela-sela acara penyerahan tersebut, Yayit Zamhuri juga menjelaskan bahwa penyerahan bantuan bibit tersebut di samping menyukseskan BMPN, juga sekaligus sebagai perwujudan nilai-nilai kehidupan masyarakat Tubaba yaitu nemen (kerja keras), nedes (ulet), dan neremo (ikhlas) atau disingkat nenemo, serta sederhana, setara, dan lestari (SSL) sebagaimana yang digaungkan oleh Bupati Tubaba Umar Ahmad.

Bupati Tubaba Umar Ahmad mengedepankan konsep pembangunan yang mengutamakan keseimbangan dan kelestarian alam, sehingga nantinya Kabupaten Tubaba tetap dapat menyuplai air dan oksigen yang cukup bagi kehidupan manusia, di antaranya dengan banyak menanam pohon. (Red)

Berita ini 7 kali dibaca

Share :

Baca Juga

DAERAH

Presiden dan Kapolri Harus Turun Tangan

DAERAH

Warga Tiyuh Panaragan Jaya Utama Ucapkan Terimakasih

DAERAH

Mengenal Marshep Ollo Content Creator asal Bekasi

Bandar Lampung

Peduli, Babinsa Koramil 04/TKT Bersama Bhabinkamtibmas Dan Lurah Tanjung raya Jenguk warga yang sakit

DAERAH

Komsos Dengan Anak Sekolah, Babinsa Jebres Beri Arahan Tentang Kedisiplinan Sejak Dini

DAERAH

Shoowroom Nasmoco Menjadi Sasaran Komsos Babinsa Kelurahan Jajar, Ini Alasannya

DAERAH

Tim Kemendagri Turun Langsung ke Aceh, Dorong Percepatan Realisasi APBD dan Penanganan Inflasi

DAERAH

Kwarcab Pramuka Kab Tubaba Tanam pohon Di Taman Las Sengok