Home / DAERAH / Lampung Barat

Rabu, 5 Juni 2024 - 19:49 WIB

Pj Bupati Lambar Lepas Keberangkatan Jemaah Calon Haji Tahun 2024 Sebanyak 228

Lambar: jarilampung.com–
Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., melakukan pelepasan keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) tahun 2024 yang berlangsung di Gedung Aula Komplek PLTA Way Besai, Pekon (Desa) Sukapura, Kecamatan Sumber Jaya pada Rabu (5/6/2024) pagi.

CJH yang dilepas sebanyak 228 jamaah, berasal dari 15 kecamatan yang ada di kabupaten Lampung Barat terdiri dari 110 jamaah laki-laki dan 118 jamaah perempuan.

Prosesi pelepasan CJH tersebut dimulai sejak pukul 04:00 WIB dengan sejumlah pembekalan serta arahan-arahan kepada CJH yang disampaikan langsung Pj. Bupati Nukman dan petugas haji.

Pelepasan CJH itu ditandai penyematan kartu nama jamaah di dalam gedung oleh Pj. Bupati Nukman dan pengibaran bendera oleh Kapolres Lampung Barat AKBP Ryky Widya Muharom S.H, S.I.K., di depan 6 Armada bus yang siap berangkat menuju Asrama Haji Kota Bandar Lampung sekitar pukul 05:45 WIB.

Pj. Bupati Nukman mengatakan ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima dan menjadi penyempurna rukun islam lainnya.

“Tidak seperti ibadah lainnya, haji mensyaratkan adanya istatho‘’a atau mampu bagi orang yang hendak menjalankan ibadah haji, baik mampu secara fisik maupun mampu secara finansial,” ujarnya

Baca Juga :  Sat Lantas Polres Tubaba Laksanakan penertiban Kendaraan, Puluhan Kendaraan Terjaring

Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Pj. Bupati Nukman mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah calon haji yang diberangkatkan ke tanah suci.

“Selamat kepada para calon tamu Alloh Dhuyufur Rohman, selamat memenuhi panggilan Alloh SWT, teriring doa dari kami semua yang hadir, semoga senantiasa diberikan kesehatan lahir dan bathin, dipermudah segala urusan, serta kembali ke tanah air dengan menyandang haji dan hajjah yang mabrur dan mabruronh, Aamiiin…,” ungkap Nukman.

Secara tidak langsung, para JCH membawa nama baik daerah, dan nama baik bangsa dan negara, oleh karenanya Pj. Bupati Nukman meminta seluruh JCH untuk mentaati segala peraturan yang sudah ditentukan selama di dalam perjalanan maupun di saat telah sampai di tanah suci yang berlangsung selama 40 hari.

“Aaya mengharapkan kepada seluruh jamaah, untuk selalu mentaati berbagai peraturan yang ada, selalu tertib dan khidmat dalam melaksanakan tuntunan ibadah, sehingga seluruh jamaah haji, khususnya yang berasal dari kabupaten Lampung Barat, dapat melaksanakan rangkaian pelaksanaan ibadah haji dengan sebaik-baiknya,” pintanya.

“Do’akan kami yang bapak ibu tinggalkan ini, do‘akan Lampung Barat yang kita cintai ini agar senantiasa mendapat kasih sayang Alloh SWT, dijadikan daerah yang senantiasa aman, tentram baldatun thoyyibatun warobbun ghofur,” tambahnya.

Baca Juga :  Melalui Apel Pagi, Danramil 04/Jebres Berikan Arahan Anggota

Selanjutnya Pj. Bupati Nukman berpesan agar seluruh JCH senantiasa untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji.

“Untuk itu saya mengingatkan agar para jamaah haji untuk senantiasa menjaga kesehatan, memperbanyak asupan air minum dan istirahat yang cukup, sehingga pada puncaknya ibadah haji yaitu wukuf di padang arofah, bapak ibu_ bisa menjalankannya dengan kondisi sehat wal afiat,” pesannya.

Selain itu, ia juga meminta kepada para petugas haji, baik TPIH, TKHI, para medis maupun TPHD, untuk dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya guna kelancaran calon jamaah haji agar dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan lancar.

“Akhirnya penuh kebahagiaan, disertai iringan do’a, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim bapak dan ibu calon jama’ah haji kabupaten Lampung Barat tahun 2024 secara resmi kami lepas,” ucapnya.

“Selamat jalan, semoga Alloh SWT senantiasa memberikan kekuatan dan melindungi saudara-saudara sekalian para calon tamu allah, sehingga dapat menunaikan ibadah haji dengan sebaik-baiknya dan dapat pulang kembali dengan membawa predikat haji dan hajjah yang mabrur dan mabruuroh,” pungkasnya.(A)

Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Bandar Lampung

Hadiri Ikrar Kebangsaan, Dandim 0410/KBL Harapkan Jemaah Khilafatul Muslimin Tanamkan Kesetiaan Kepada NKRI

Bandar Lampung

PWI Lampung Sikapi Aksi Intimidasi Wartawan di BPN Bandar Lampung

DAERAH

Penutupan Karya Bakti TNI 2023 di Tiyuh Gunung Katun Tanjungan

DAERAH

Komplotan Spesialis Curat Ditangkap, Ipda Amir: Modusnya Katakan Korban Dapat Bansos

DAERAH

Pelihara Dan Pertajam Kemampuan Prajurit, Kodim Surakarta Gelar Latihan Menembak

Bandar Lampung

Bentrok Warga dan Aparat PT HIM Tubaba, Ketua SMSI Lampung: Selesaikan Lewat Jalur Hukum, Supaya Jelas

DAERAH

Kapolres Pimpin Sertijab Kasat Narkoba Polres Tulang Bawang Barat

DAERAH

SATGAS Penanggulangan Kekeringan Lampura Distribusikan Air Bersih