Home / DAERAH / Kesehatan / TUBABA

Senin, 25 Oktober 2021 - 15:56 WIB

Sekda : Vaksin yang Bagus Itu Memang Ada Efeknya, Justru Kalau Tidak Ada Efek Harus Dipertanyakan

 

Jarilampung.com-Tubaba:
Sekdakab Tulang Bawang Barat Novriwan Jaya memimpin jalannya Rapat Koordinasi dan evaluasi Pelaksanaan PPKM berbasis mikro serta pelaksanaan dan capaian vaksin di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati setempat. Senin (25/10/2021)

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Forkopimda, Asisten I,II,III, Inspektorat, Kepala BPBD, Kadis Kesehatan, Kadis Kominfo, Kepala DPMT, Kadis Pendidikan, Kadis Sosial, Kepala Disdukcapil, Kepala Dispora, Kadis Koperindag, Kasat Pol PP, Kepala BPKAD, Kabag Tapem dan seluruh Camat Kabupaten Tulang Bawang Barat

Baca Juga :  Pj Bupati Nukman Sebut Budaya Pesta Sekura Cakak Buah Masuk Event Nasional. Pj Bupati Lampung Barat Drs. Nukman M.M mengatakan budaya warisan nenek moyang khas Lampung Barat budaya pesta sekura cakak buah menjadi agenda event Nasional. Demikian disampaikan Pj Bupati Lampung Barat saat mengikuti langsung kemeriahan halal bihalal Kelurahan Way Mengaku Kecamatan Balik Bukit yang dikemas dalam pesta sekura cakak buah, Kamis 11 April 2024. "Lampung Barat ini sudah memiliki dua event Nasional yang diakuin oleh Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kebudayaan yakni sekura cakak buah dan Festival Sekala Bekhak," terangnya. Dirinya mengungkapkan hal tersebut tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Lampung Barat mengingat tidak setiap daerah memiliki budaya tergolong envent Nasional. "Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mendukung penuh kegiatan sekura cakak buah ini yang memang merupakan budaya warisan dari zaman ke zaman," tuturnya. Ia meminta kepada lapisan masyarakat Lampung Barat agar tetap melestarikan warisan budaya nenek moyang sekura cakak buah dan menjaga tatakerama keindahan budaya yang hanya ada di bumi beguai jejama sai betik ini. "Kita tunjukkan tatakerama keindahan budaya kebanggan kita ini dengan cara menjaga pakaian dengan sopan, jangan meminta-minta di jalur jalan dengan alesan mengamen," terangnya. "Identiknya sekura inikan ngelimuk (mengumpulkan sampah) jadi kalo sekura membawa pohon-pohon itulah sekura jangan dimarah-marah, tapi sekuranya juga jangan buang sampah sembarangan. Bawa golok, pedang boleh tapi jangan dicabut-cabut," sebutnya. Sebab, dikatakan Nukman mengingat pesta budaya sekura cakak buah sudah masuk dalam event Nasional maka secara otomatis dipantau langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan. "Karena ini adalah event Nasional maka akan kita liput terus setiap kegiatan-kegiatan untuk kita laporkan ke pihak Kementerian sebab akan menjadi penilaian bagi mereka," jelasnya. "Puncaknya akan kita lakukan pada kegiatan Festival Sekala Bekhak nanti inyak Allah di bulan 6 mendatang," tutu Nukman.

Sekdakab Tulang Bawang Barat menegaskan agar seluruh jajaran terkait pelaksanaan vaksin saling berkoordinasi dan menyamakan data pencapaian vaksin, baik data yang secara manual maupun data secara online yang ada di daerah dengan Provinsi.

Kemudian kita harus terus mensosialisasikan atau meluruskan terkait tentang animo masyarakat terhadap vaksin yang akhir-akhir ini kurang baik, yang kedepannya dihawaritkan akan mengurangnya keiinginan masyarakat untuk melakukan vaksin

“yang mana vaksin yang bagus itu memang harus ada efeknya, justru yang tidak ada efeknya itu harus kita pertanyakan. Sebagai contohnya kita minum obatpun harus ada rekasinya atau anak bayi yang divaksin polio, cacarpun setelahnya pasti ada efek demam, justru itu yang bagus. “tegas Sekda.

Baca Juga :  Ormas PEKAT-IB Layangkan Surat Mosi Tidak Percaya Kinerja Ketua DPRD Tuba

Selanjutnya Sekdakab Tulang Bawang Barat berharap kepada TNI-POLRI, para Camat, Pemerintahan Tiyuh dan dinas terkait agar seluruh elemen masyarakat disosialisasikan efek dari vaksin dan kerja dari vaksin tersebut, jangan sampai tanggapan atau hal-hal yang tidak benar membuat keingiinan masyarakat untuk vaksin menurun bahkan sampai ketakutan”.Ujar Sekda. (A/R)

Berita ini 26 kali dibaca

Share :

Baca Juga

DAERAH

Ketua Presidium FPII Berkunjung ke Kantor Wilayah Kemenkum HAM RI Jabar

DAERAH

Kabar Gembira Bus Damri Rute Tubaba-Gambir Resmi Beroperasi

DAERAH

Tembus 6 Juta Views di TikTok, Yuk Kenalan Sama Mattdicx Content Creator Asal Jakarta

DAERAH

Polres Tulang Bawang Barat Gelar Syukuran di Momen HUT Lantas ke-68

DAERAH

Hadir di SMAN 1 Liwa, Pj. Bupati Lambar Jadi Pembina Upacara

DAERAH

Bersama Keluarga, M. Firsada Sholat Idul Adha di Islamic Center Tubaba

Bandar Lampung

Wujud Kepedulian Kodim 0410/KBL Berikan Santunan Kepada Anak Stunting

DAERAH

Pimpin Upacara Sertijab Kapolsek Penawartama, Berikut Pesan Yang Disampaikan Kapolres Tulang Bawang