Home / DAERAH / Lampung Barat

Kamis, 2 Mei 2024 - 19:22 WIB

Bunda Literasi Kab Lambar Menghadiri Festival Literasi di Bandar Lampung

Lambar: jarilampung.com–
Bunda Literasi Kabupaten Lampung Barat, Dra. Zelda Naturi Nukman menghadiri kegiatan Festival Literasi yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, bertempat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Jl. Zainal Abidin, Pagar Alam No.52, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Kamis (2/5/2024).

Festival Literasi ini dilaksanakan selama dua hari, tepatnya pada tanggal 2 hingga 3 Mei 2024 dengan mengusung tema “Perpustakaan Bertransformasi, Literasi Maju, Lampung Berjaya”.

Kegiatan ini mempertemukan para Pegiat Litersasi, Komunitas Baca dan Pendidikan, partisipasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Zelda Naturi Nukman selaku Bunda Literasi Daerah Kabupaten Lampung Barat mengatakan, Festival Literasi ini ditujukan untuk menarik dan meningkatkan minat baca masyarakat sekaligus sebagai wadah untuk melestarikan budaya deaerah maupun lokal.

“Tujuannya ialah sebagai upaya meningkatkan kegamaran membaca khususnya bagi masyarakat di Provinsi Lampung, termasuk masyarakat di Kabupaten Lampung Barat,” ungkap Zelda.

Baca Juga :  Pemkab Lampura Terima Piagam Penghargaan Dari Kemendagri

“Selain itu kegiatan ini sebagai upaya untuk mendukung eksistensi dan menumbuhkembangkan minat baca melalui literasi sehingga diharapkan terciptanya budaya literasi yang unggul dan berdaya saing,” tambahnya.

Kegiatan ini dibuka langsung Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi serta dihadiri para Kepala Dinas, Bunda Literasi, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Perbankan, Pimpinan Instansi Vertikal, Pustakawan, budayawan, dan para pegiat literasi dari 15 kabupaten/kota yang ada di Lampung.

Tidak hanya sekedar seremonial, kegiatan ini juga mengusung pameran produk transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Talkshow, dan Lampung Book Fair dari berbagai Kabupaten/Kota yang ada di Lampung.

Terlihat, stand-stand perwakilan kabupaten/kota tampak berdiri menghiasi halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung.

Di dalam stand itu terisi produk-produk unggulan yang memiliki keunikan tersendiri dengan ciri khas masing-masing kabupaten/kota.

Baca Juga :  TNI-Polri Kabupaten Wonogiri Intensifkan Penerapan Protekes

Sementara stand perwakilan Kabupaten Lampung Barat sendiri tampak terpajang beberapa produk UMKM hasil kerajinan tangan asli masyarakat Lampung Barat dengan khas cellugam.

Motif cellugam itu terdapat di selendang, kopiah/peci, kain tapis dan sejumlah souvenir yang terpampang.

Bersamaan Festival Literasi tahun 2024 ini, sekaligus dilakukan peresmian gedung Perpustakaan Provinsi Lampung yang ditandai pemukulan gamolan pekhing dan pengguntingan pita.

Di momen itu, Bunda Literasi Kabupaten Lampung Barat Ny. Zelda ikut serta mendampingi Gubernur Lampung dan Bunda Literasi Provinsi Lampung Riana Sari meninjau fasilitas di dalam gedung Perpustakaan yang telah diresmikan.

Mulai dari lorong, ruangan, pojok baca, rak-rak buku, hingga fasilitas tempat bermain anak dikunjungi bersama.

Di akhir acara, Bunda Zelda berkesempatan mengunjungi dan melihat satu per satu stand perwakilan kabupaten/kota bersamaan dengan Bunda Litrasi lainnya secara bergantian.(A)

Berita ini 4 kali dibaca

Share :

Baca Juga

DAERAH

HUT Ke-77 Tulang Bawang Tengah Melalui Prosesi Begawi Adat 22 Orang Mendapatkan Gelar Stan.

DAERAH

Gubernur Lampung Lantik M. Firsada Sebagai PJ.Bupati Tubaba

DAERAH

Polsek Banjar Agung Ungkap Kasus Cabul Sesama Jenis, Pelaku Seorang Perempuan Dewasa

Bandar Lampung

Kolonel Inf Faisol Izudin Karimi Pimpin Apel Kesiapan pengamanan  Personel Gabungan TNI Polri di UIN

DAERAH

PJ. Bupati Lambar Dukung Penuh Kegiatan Yayasan Rumah Qur’an

DAERAH

Pj. Ketua TP PKK Tubaba Hanita Farial Firsada Dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Tubaba.

DAERAH

Polsek Tulang bawang Tengah Polres Tubaba Polda Lampung Gotong Royong bersama warga memperbaiki jalan Poros Kabupaten

DAERAH

Kapolres Tubaba Pimpin Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila