Home / DAERAH / Kesehatan / Wonogiri

Jumat, 29 Oktober 2021 - 15:02 WIB

Deteksi Penyakit Tidak Menular, Lansia Desa Geneng Dicek Kesehatan

Jarilampung.com-Wonogiri :
Turut aktif dalam kegiatan pelayanan kesehatan di wilayah binaanya, Babinsa Desa Geneng, Koramil 21/Bulukerto Serma Suparno, bersama dengan Kades Tarno, mendampingi petugas medis Puskesmas Bulukerto yang dipimpin Darmanto dalam memberikan pelayanan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular), yang dilaksanakan di Balai Desa Geneng, Jum’at(29/102021).

Posbindu adalah singkatan dari Pos Pembinaan Terpadu. Posbindu ini merupakan kegiatan deteksi dini penyakit tidak menular seperti Hipertensi, Kolesterol, Asam urat, Diabetes dan lain-lainya. Kegiatan Posbindu PTM yang dilaksanakan tersebut, bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan pencegahan penyakit tidak menular (PTM) kepada para lansia.

Baca Juga :  Polisi Tangkap dua Pencuri Sepeda Motor, Uang dan Handphone di Tubaba

” Kegiatan Posbindu PTM ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat, selaku Babinsa saya wajib ada dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar rutin mengikuti kegiatan ini, demi mengontrol kesehatan masyarakat “, ujar Babinsa.

Kegiatan yang dilakukan meliputi pendaftaran, wawancara tentang riwayat penyakit keluarga, pemeriksaan tinggi badan, tekanan darah, lingkar perut, pemeriksaan kadar lemak dalam tubuh, pemeriksaan kadar gula dalam darah, kolesterol, asam urat dan di tutup dengan konseling, terang Babinsa.

Baca Juga :  Oknum PNS Kab Tubaba Rela Menjadi Istri Kedua, Apa Yang Merasukinya

Serma Suparno menambahkan, seringkali warga tidak mengetahui jika mengidap penyakit tertentu. Untuk itu, dengan adanya Posbindu warga dapat mendeteksi dini secara cepat, untuk mengetahui serta menanggulangi agar tidak menjadi lebih parah.

Adapun hasil deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular, nantinya bisa digunakan untuk tindak lanjut pengobatan ke PKD (Poliklinik Kesehatan Desa) maupun ke Puskesmas,

(Red)

Berita ini 15 kali dibaca

Share :

Baca Juga

DAERAH

Supardi: Ayo Semangat Tingkatkan Pendidikan Berkualitas

DAERAH

Puan Dorong Pembangunan Ekonomi Hijau Agar Jadi Investasi Kehidupan di Masa Depan

DAERAH

DPW Lambar Dukung Target Pemerintah Pusat Tekan Angka Stunting

DAERAH

Menyambut HUT Tubaba ke-13 Di Meriahkan dengan Lomba Fashion dan Olah Vokal

DAERAH

Bupati Lambar Resmikan PLTM Batu Brak PT.TOP

DAERAH

Ardian Saputra hadiri pagelaran wayang kulit di Rejo Mulyo

DAERAH

Sambut HUT ke-74 Polwan, Srikandi Polres Tubaba gelar ” Police Goes To School”.

DAERAH

Bantu Kelancaran Dan Ketertiban, TNI-Polri Wuryantoro Dampingi Penyaluran BLT BBM