Home / DAERAH / Kesehatan / TUBABA

Rabu, 21 Juli 2021 - 11:20 WIB

Disnakkeswan Kab Tubaba Pantau Kesehatan Hewan Qurban

Jarilampung.com– Tubaba:
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Tulang Bawang Barat menerjunkan tim di beberapa lokasi pemotongan hewan kurban yang tersebar di berbagai masjid dan mushola di 9 kecamatan, Selasa (20/07/2021).

Kepala Disnakkeswan Tubaba drh Nazaruddin MM menjelaskan, tim tersebut beranggotakan 4 dokter hewan dan 15 petugas inseminator serta 2 paramedik. Mereka bertugas memeriksa kesehatan hewan yang dipotong.

“Sampai hari ini tidak ditemukan adanya permasalahan atas hewan kurban yang dipotong oleh umat Islam di Tubaba. Dan kita memang beberapa hari menyambut Idul Adha telah melakukan pemantauan dan pemeriksaan di beberapa kandang dan lokasi penjualan hewan kurban untuk memastikan bahwa hewan yang akan dipotong benar-benar layak. Mudah-mudahan sampai hari terakhir pemantauan besok tidak ada permasalahan menyangkut kesehatan hewan kurban di Tubaba,” demikian kata Nazaruddin, Rabu (21/07/2021).

Baca Juga :  Pimpin Tradisi Corp Raport, Dandim 0410/KBL Melepas Dua Orang Perwira Terbaik

“Kegiatan pemantauan kesehatan hewan kurban di Kabupaten Tulang Bawang Barat telah dilaksanakan mulai dari tanggal 14 Juli yang lalu, dan akan berlangsung hingga besok Kamis tanggal 22 Juli 2021,” tambahnya.

Baca Juga :  Jelang Buka Puasa, Kodim 0735/Surakarta Bagikan Takjil di Panti Asuhan

Pemeriksaan hewan kurban meliputi pemeriksaan sebelum pemotongan (ante mortem) dan pemeriksaan sesudah pemotongan (post mortem).

Pada prinsipnya, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kelayakan hewan kurban, antara lain tidak menunjukkan gejala klinis penyakit hewan menular dan menentukan status hewan tersebut dapat dipotong, ditunda atau tidak boleh dipotong.

Disnakkeswan Tubaba juga telah mensosialisasikan kepada takmir masjid dan panitia kurban untuk menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban.(AS)

Berita ini 20 kali dibaca

Share :

Baca Juga

DAERAH

Anggota Koramil 19/Purwantoro Bersama Polsek Terus Berikan Pendampingan Vaksinasi Anak SD

Bandar Lampung

Raker SMSI Bandar Lampung Bahas Program Kerja Tahun 2023

DAERAH

MZK Institute Adakan Pelatihan Jurnalistik Melalui Zoom Meeting

Bandar Lampung

Babinsa Peltu Usep Bersama Bhabinkamtibmas Monitoring Pemakaman Jenazah Oleh Satgas Covid 19

DAERAH

Olah TKP Kecelakaan, AKP Suhardo: Satu Luka Berat

DAERAH

Perjalanan Karir Ahmad Vino Profesinya Sebagai Videography & Photography

DAERAH

M. Firsada : Jelang Tahun Baru Ketersediaan Bahan Pokok Pangan di Tubaba Cukup

DAERAH

Kunjungan Kerja Ke Polsek Tumijajar Kapolres Tubaba ini Maksudnya