Home / DAERAH / Lampung Barat

Kamis, 21 September 2023 - 14:32 WIB

Peringatan HUT ke 32 Kab Lambar Jatuh Pada 24/9/2023

Lambar: jarilampung.com–
Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32 Kabupaten Lampung Barat tahun 2023 yang tepat jatuh pada 24 September, Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman membeberkan sejumlah capain prestasi yang saat ini telah memasuki sembilan bulan masa kepemimpinannya.

Capain prestasi itu disampaikan Nukman melalui pidatonya saat menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Lampung Barat dengan acara mendengarkan pidato Bupati Lampung Barat dalam rangka menyambut HUT ke-32 Kabupaten Lampung Barat tahun 2023 yang diselenggarakan di ruang sidang maghgasana DPRD setempat, Kamis (21/9/2023).

Capaian prestasi yang dibeberkan Nukman sejak ia dilantik menjadi Pj. Bupati dan saat ini memasuki usia sembilan bulan masa kepemimpinannya itu, dirinya mengaku telah meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-13 (tiga belas) kali secara berturut-turut.

Kemudian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) pada tahun 2023 berhasil meraih terbaik pertama tingkat Kabupaten se-Provinsi Lampung dan melaju ke tingkat Nasional serta berhasil masuk pada 12 terbaik tingkat Kabupaten se-Indonesia.

Selanjutnya penghargaan Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) tahun 2023, yang diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno.

Selian itu meraih penghargaan kabupaten sangat inovatif Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 dari Kementerian Dalam Negeri dan pengahargaan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kotabumi Lampung Utara atas dukungan kerja sama yang baik dalam rangka penerimaan pajak tahun 2022.

Tentunya kata Nukman, capaian prestasi yang didapat berkat kekonsistenan bersama jajarannya dalam melaksanakan proses pembangunan daerah yang mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan dengan tetap berpijak pada Tujuan dan Sasaran pembangunan sebagaimana tertuang pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2023-2026.

Berbagai pekerjaan selama masa kepemimpinan tersebut diantaranya penyerapan APBD telah mencapai 585 milyar rupiah lebih atau 59,41% yang mana berarti bahwa berbagai pembangunan yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Lampung Barat telah terealisasi hampir 60%.

Total Penerima Bantuan Iuran (PBI) dalam rangka Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Lampung Barat sebanyak 285.857 jiwa atau 92,76% dimana pada usulan perubahan APBD tahun 2023 ini direncanakan bertambah sebanyak 10.760 jiwa sehingga diharapkan kepesertaan JKN menjadi 96,2% dan bisa melebihi Universal Health Coverage (UHC).

Penanganan stunting pada tahun 2023 dianggarkan sebanyak 17 milyar rupiah lebih terealisasi sebesar 9,6 milyar rupiah lebih dengan capaian pada Bulan Agustus telah berkurang 170 balita stunting di Lampung Barat dengan prevalensi sebesar 5,77%.

Penanganan Kemiskinan pada tahun 2023 dianggarkan sebesar 25 milyar rupiah lebih dengan capaian angka kemiskinan turun diangka 11,71% atau 36.200 jiwa sedangkan angka kemiskinan ekstrem turun diangka 3,37% atau 10.410 jiwa.

Kemudian dalam rangka penanganan inflasi pada tahun 2023 telah dianggarkan sebesar 2 milyar rupiah lebih yang dilakukan melalui Pemantauan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat, menginput data perkembangan harga pada sistem informasi kementerian perdagangan, serta melaksanakan monitoring ketersediaan stok bersama instansi terkait serta pemantauan harga, dan pasokan pangan pada tingkat produsen dan konsumen setiap minggu.

Melalui Tujuan dan Sasaran tersebut yang diterjemahkan ke dalam program-program pembangunan, Nukman menjelaskan hal itu telah berdampak langsung terhadap peningkatan Kinerja Pemerintah Daerah yang menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya, antara lain pada tahun 2022 terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,1%, dimana pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Lampung Barat sebesar 2,58%.

Nukman menyatakan, peningkatan tersebut tidak lepas dari beberapa lapangan usaha di Kabupaten Lampung Barat yang mengalami nilai positif.

Baca Juga :  Karang Taruna Tubaba Berdayakan Penanaman Pinang

Dapat dilihat, nilai PDRB Lampung Barat Atas Dasar Harga Berlaku 2022 mencapai 8,28 triliun rupiah lebih meningkat dimana pada tahun 2021 sebesar 7,48 triliun rupiah lebih.

PDRB per kapita pada tahun 2022 tercatat sebesar 27,30 juta rupiah, bertambah sebesar 2,58 juta rupiah yang mana pada tahun 2021 tercatat sebesar 24,72 juta rupiah.

Sementara untuk indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di tahun 2022 Kabupaten Lampung Barat masuk kedalam kategori Sedang sebesar 68,39 Point, lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar 67,90 Point.

“Data yang ada menunjukan dari tahun 2018 IPM Kabupaten Lampung Barat selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya yang berarti Harapan Hidup, Lama Pendidikan dan Pengeluaran Masyarakat semakin bertambah,” kata Nukman.

“Sedangkan untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) capaian pada tahun 2022 sebesar 2,1% atau sebesar 4.083 jiwa. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya jumlah pengangguran di Kabupaten Lampung Barat mengalami penurunan sebesar 0,73% dimana pada tahun 2021 sebesar 2,83%,” sambungnya.

Perlu diketahui, rapat paripurna tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial dan dihadiri oleh Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi yang diwakilkan Staff Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik (PHP) Ganjar Jationo.

Selain itu, dihadiri Wakil Ketua dan para anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat, para anggota Forkopimda Kabupaten Lampung Barat, Sekretaris Daerah, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Lurah Dan Peratin Se-Kabupaten Lampung Barat, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ketua Ikatan Keluarga Anggota Dewan dan Ketua Organisasi Wanita Lainnya, Pimpinan Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat.

Melalui peringatan hari jadi ke-32 Kabupaten Lampung Barat, Nukman selaku kepala daerah berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat digunakan sebagai momentum untuk mengingat kembali bahwa setiap capaian pembangunan yang telah raih saat ini adalah berkat kerja keras para pendahulu.

“Tugas kita hanyalah melanjutkan pembangunan yang telah mereka rintis dan perjuangkan, sehingga Lampung Barat menjadi daerah yang istimewa seperti saat ini,” ujarnya.

“Maka sebagai wujud syukur dan terima kasih kepada para pendahulu kita, kita harus bertekad untuk tetap bekerja dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan daerah kita tercinta,” tambahnya.

Melalui pidatonya Nukman menuturkan, memperingati hari lahirnya Kabupaten Lampung Barat secara filosofis bermakna bahwa sebagai ruang untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah.

Sebab kata Nukman, masa lalu adalah fondasi yang sangat bernilai sebagai referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan.

“Introspektif, artinya dengan peringatan ini kita jadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri,” ungkapnya.

Nukman mengatakan sejarah tidak boleh dilewatkan begitu saja, ia mengajak dalam memaknai hari kelahiran sebagai langkah untuk berbuat, berkarya, berinovasi dan bekerja keras meningkatkan kualitas dan kemampuan diri mengisi kemerdekaan dengan diiringi semangat juang yang tinggi demi kebangkitan bersama.

“Semangat inilah yang menjadi alasan kuat Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat menjadikan Lampung Barat Bersatu untuk Terus Melaju, sebagai tema Peringatan HUT ke-32 pada tahun 2023 ini,” jelasnya.

Tema tersebut, lanjut Nukman, tentunya memiliki makna tersendiri sebagai pelecut semangat guna melaksanakan pembangunan menuju Kabupaten Lampung Barat yang lebih baik.

Terakhir, Nukman berharap kepada seluruh jajarannya agar tidak terlena terhadap seluruh pencapaian yang telah diraih.

“Namun kita harus melakukan Refleksi terhadap apa yang telah kita kerjakan maupun hal yang belum tuntas kita laksanakan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Puan: RUU TPKS Disahkan Jadi Inisiatif DPR Pekan Depan

Sementara itu, Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, melalui pidatonya menyampaikan sejarah awal terbentuknya Kabupaten Lampung Barat yang sampai saat telah mengalami enam kali pergantian kepemimpinan.

“Tepat pada Tanggal 24 September 2023 usia kabupaten Lampung Barat sudah 32 tahun dan dalam kurun waktu 32 Tahun ini, kita sudah mengalami enam kali kepemimpinan,” kata Edi Novial.

Kepemimpinan pertama ialah Hakim Saleh Umpu Singa periode 1992-1997, selanjutnya I Wayan Dirpha periode 1997-2002, kemudian Ir. Erwin Nizar T. Periode 2002-2007, Drs. Mukhlis Basri selama dua periode 2007 hingga 2017, Hi. Parosil Mabsus periode 2017-2022 dan Drs. Nukman periode 2022-2023.

Di usia kabupaten Lampung Barat ke-32 tahun ini, dibawah Kepemimpinan Pj. Bupati Nukman., Edi Novial mengatakan telah banyak prestasi dan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai, baik tingkat Provinsi sampai Tingkat Nasional.

Capaian prestasi yang telah diraih Oleh Pemerintah Daerah melalui OPD-OPD terkait, baik di tingkat Provinsi Lampung maupun ditingkat Nasional itu dipaparkan oleh Edi Novial.

Prestasi-prestasi tersebut di antaranya;
1. Melalui Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat, Tingkat Nasional Prestasi yang Telah diraih diantaranya Juara 3 Musabawah Qira’atil Kutub, Juara I Robotik Nasional Tahun 2023, kibar 9 tingkat nasional Tahun 2022.

2. Peraih Penghargaan Penegak Hukum Bidang Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan atas nama Polres Lampung Barat.

3. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022 berbasis Akrual telah diraih 13 Tahun berturut-turut dari tahun 2011 Melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah.

4. Peraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), Juara I Tingkat Provinsi Lampung dan Masuk 12 Besar tingkat nasional atas nama bupati Lampung Barat Melalui Bappeda Kabupaten Lampung Barat.

5. Peraih Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 tingkat nasional atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Melalui Badan Penelitian dan Pengembangan.

6. Peraih Penghargaan BKN Award tahun 2022 tingkat nasional atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

7. Peraih penghargaan Paskibraka Provinsi Lampung terpilih tahun 2023 tingkat provinsi melaluu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lampung Barat.

8. Peraih Penghargaan Olimpiade Sain Nasional tingkat provinsi melalui dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat.

9. Peraih Penghargaan Juara II kejuaraan babak kualifikasi PON XXI tahun 2023 (Shorinji Kempo) tingkat nasional atas nama Salsa Nur Azizah melalu Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata.

10. Peraih lenghargaan tingkat Provinsi Lampung dan Nasional atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalu Dinas Pengendalian Penduduk KB, PP dan PA.

11. Peraih Penghargaan Juara I Festival Pangan Lokal dalam rangka hari pangan sedunia ke-42 tingkat provinsi melalui Dinas Ketahanan Pengan Kabupaten Lampung Barat.

12. Peraih Penghargaan Adiwiyata dan Kalpataru tingkat provinsi atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup.

13. Peraih penghargaan tanda daftar Varietas Imam Rosyadi dan tanda daftar Varietas Cipto Cenggiring atas nama Cipto melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan.

Atas capaian prestasi tersebut, Edi Novial mengucapkan selamat atas penghargaan yang telah diraih.

“Terima kasih atas partisipasi dan dedikasinya, semoga ke depan penghargaan-penghargaan tersebut bisa dipertahankan dan bisa ditingkatkan lebih baik lagi,” ucapnya.

“Atas nama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lampung Barat mengucapkan dirgahayu ke-32 Kabupaten Lampung Barat, Lampung Barat bersatu, untuk terus melaju,” pungkasnya. (A)

Berita ini 71 kali dibaca

Share :

Baca Juga

DAERAH

Polres Kab Tubaba Besama Komunitas Trail Berikan Bansos Kepada Anak Yatim Piatu

DAERAH

Pemasangan Tiang Jaringan XL di Tubaba Tuai Kritikan Masyarakat

DAERAH

DPRD Kab Tubaba Menggelar Paripurna Pengesahan (5) Raperda

DAERAH

Hari Guru Nasional, Puan Dorong Honorer yang Telah Lama Mengabdi Semakin Dimudahkan Jadi ASN

DAERAH

Wakil ketua TP-PKK Lampung Utara Dukung Upaya Cegah Stunting

DAERAH

PJ.Bupati Lambar Mengikuti Penilaian Pejabat Kepala Daerah

Bandar Lampung

Danramil 410-01/Panjang Anjangsana kepada Ulama di Batu Suluh Way Laga

DAERAH

Pj.Bupati Lambar Mengikuti Upacara HUT Bhayangkara ke 77 Tahun 2023