Home / DAERAH / Lampung Barat

Jumat, 24 Mei 2024 - 18:17 WIB

Pj. Bupati Nukman Imbau Masyarakat Lampung Barat Waspada Cuaca Ekstrem

Lambar: jarilampung.cim–
Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung Drs. Nukman M.M mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana.

Pasalnya, memasuki pertengahan tahun 2024 ini cuaca terbilang cukup extrem. Dengan curah hujan yang cukup tinggi disertai angin beberapa hari lalu mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Lampung Barat mengalami bencana banjir dan longsor.

Bencana alam banjir dan longsor persisnya terjadi di Kecamatan Sumber Jaya, Kebun Tebu dan Gedung Surian.

Tidak hanya banjir dan longsor. Masyarakat Kecamatan Suoh digemparkan dengan suara letusan dari arah wisata Nirwana Suoh yang mengeluarkan kepulan asap tebal dan memuntahkan material pasir ke sekitar area dentuman.

Mengetahui keadaan itu, Pj Bupati Kabupaten Lampung Barat menyampaikan keperihatinannya atas terjadi bencana alam tersebut.

Baca Juga :  Diduga Ketua Apdesi Pringsewu Sebagai Propokator Memusuhi Wartawan, ini Tanggapan FPII Lampung

Pasalnya, banjir yang terjadi di tiga Kecamatan tersebut memicu luapan sungai Way Besai dan kali-kali kecil, sehingga menyebabkan banjir di pemukiman warga Pekon Purawiwitan sehingga menenggelamkan ratusan hektar areal sawah yang sedang masa tanam padi usia tiga bulan.

Selain itu, merusak peternakan ikan masyarakat dan menutupi sebagian badan jalan yang dilintasi kali. Begitu juga di wilayah Kecamatan Sumber Jaya, terjadi tanah longsor baik seputaran pemukiman warga atau di ruas jalan.

Nukman menghimbau masyarakat untuk tidak dulu melakukan aktifitas di titik-titik bencana guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan apalagi mengancam keselamatan.

“Mengingat cuaca saat ini cukup extrem saya mengimbau kepada masyarakat agar untuk tidak melakukan aktifitas seperti biasanya dulu terutama pada titik-titik yang rawan bencana,” disampaikan Nukman kepada Dinas Kominfo Lampung Barat bidang rilis, Jum’at (24/05/2024).

Baca Juga :  Klarifikasi Insiden Dugaan Penganiayaan Tempat Karaoke New Alaska Dwi Putra

Ia juga meminta kepada jajaran Pemerintah Kecamatan dan Pekon untuk senantiasa melakukan kesiapsiagaan bencana dan memberikan edukasi serta sosialisasi mengenai bencana kepada masyarakat.

“Kepada para Camat dan Peratin se-Kabupaten Lampung Barat saya minta untuk tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat terkait dengan kewaspadaan bencana,” pinta Nukman.

Menurutnya kewaspadaan terhadap bencana harus menjadi perhatian bersama seluruh aparat di wilayah Kabupaten Lampung Barat serta lapisan masyarakat.

“Mari kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan semua harus tetap waspada terhadap ancaman bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu,” tutupnya.(A)

Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Baca Juga

DAERAH

Bersama Forkopincam, Pelda Puji Pantau Kegiatan PTM

DAERAH

Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng di Pasar Ciawi, Pos Indonesia Capai Penyaluran 95 Persen untuk KPM se-Indonesia

DAERAH

Putus Penyebaran Covid-19, Babinsa Berikan Himbauan Prokes Dan Bagikan Masker di Pasar Mojosongo

DAERAH

Jum’at Berkah, Dandim 0735/Surakarta Terjun Langsung Berikan Bantuan Paket Sembako Kepada Masyarakat Kurang Mampu

DAERAH

Kajati DKI Jakarta Terima Kunjungan SMSI

DAERAH

Kepala Sekolah SDN 02 Tulang Bawang Tengah Klarifikasi Terkait Dugaan Pungli

DAERAH

Pj Gubernur dan Pj Ketua TP PKK Sumsel Diberi Gelar Adat Suttan dan Ratu oleh Lembaga Adat OKU Timur

Bandar Lampung

Polda Lampung Tindaklanjuti Pengaduan Dugaan Mafia Tanah oleh Masyarakat 5 Keturunan Bandar Dewa