Home / DAERAH / Lampung Barat

Kamis, 23 Mei 2024 - 08:43 WIB

Pj.Bupati Lambar Menghadiri Pembukaan Pekan Raya Lampung Tahun 2024

Lambar: jarilampung.com–
Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., menghadiri pembukaan Pekan Raya Lampung (PRL) Tahun 2024 yang berlangsung di Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR), Way Halim, Kota Bandar Lampung pada Rabu malam (22/05/2024).

Pekan Raya Lampung atau PRL merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung sebagai upaya mendongkrak potensi-potensi unggulan yang dimiliki setiap kabupaten/kota yang ada di Lampung.

PRL tahun 2024 ini diselenggarakan selama 20 hari, mulai dari 22 Mei hingga 10 Juni mendatang dengan mengusung tema “harmoni dalam kolaborasi untuk Lampung Berjaya”.

Tujuan diselenggarakannya PRL ialah untuk mewadahi kabupaten/kota dalam mempromosikan keunggulan potensi yang dimiliki, mulai dari pertanian, pekebunan, peternakan, perikanan, pariwisata, UMKM, hingga kebudayaan.

Selain itu, PRL juga ditujukan untuk menunjukkan hasil capaian pembangunan Provinsi Lampung yang terdiri dari 15 kabupaten/kota dengan hasil karya yang kreatif, inovatif, dan produktif.

Dalam promosinya, Pemprov Lampung memfasilitasi tempat berupa anjungan dan stand-stand yang diisi berbagai produk UMKM dari masing-masing kabupaten/kota untuk dikunjungi dan dilihat masyarakat yang hadir secara langsung.

Baca Juga :  Bupati Lampung Selatan Sampaikan Raperda APBD TA 2024 ke DPRD

Sedangkan untuk anjungan kabupaten Lampung Barat sendiri, di dalamnya terisi sejumlah produk-produk UMKM hasil karya asli masyarakat Lampung Barat, mulai dari olahan makanan sampai minuman.

Tidak ketinggalan, motif khas celugam terpampang menghiasi anjungan kabupaten Lampung Barat yang terlihat pada kain, selendang, kopiah/peci, hingga di souvenir yang terpajang rapi di sana.

Perlu diketahui, celugam adalah motif khas Lampung Barat yang berbentuk potongan potongan kain segitiga berwarna merah, oranye, hitam dan putih yang menyatu menjadi motif-motif unik nan antik.

Sebelum dikunjungi masyarakat umum, Anjungan kabupaten Lampung Barat terlebih dulu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Fahrizal Darminto yang ditandai pemotongan pita tepat di pintu masuk anjungan.

Dalam prosesi pemotongan pita tersebut, Sekda Provinsi Lampung didampingi Pj. Bupati Lampung Barat, Ketua TP-PKK Lampung Barat Ny. Zelda Naturi Nukman, Sekda Lamapung Barat Adi Utama dan sejumlah kepala perangkat daerah Lampung Barat.

Usai memotong pita, Sekda Provinsi Lampung yang didampingi Pj. Bupati Nukman sembari berbincang meninjau pameran yang ditampilkan di dalam Anjungan.

Baca Juga :  Puluhan Ribu Masyarakat Kecamatan Belalau Kab Lambar Mengikuti Jalan Sehat Bersama Bupati dan Wakilnya

Dalam perbincangan itu, Pj. Bupati Nukman menjelaskan satu persatu sejumlah keunggulan potensi yang dimiliki kabupaten Lampung Barat dan menikmati secangkir kopi robusta asli, ditambah mencicipi hasil olahan makanan dengan background foto/gambar nuansa alam yang tampak asri.

Pj. Bupati Nukman memaparkan berbagai kekayaan yang menjadi potensi besar kabupaten Lampung Barat mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata, hingga budaya maupun UMKM yang telah terkelola.

Pj. Bupati Nukman berharap, melalui PRL tersebut segala jenis pembangunan di Provinsi Lampung termasuk Kabupaten Lampung Barat dapat terekspos dan diketahui masyarakat luas.

“Sehingga masyarakat tau, bahwa Provinsi Lampung ini maju dan mampu mengelola sumber daya yang dimiliki dalam pembangunan,” ungkap Pj. Bupati Nukman.

Tentu apa yang dikatakan Pj. Bupati Nukman selaras dengan apa yang telah disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, bahwa peran PRL ialah sebagai ajang pameran sekaligus sebagai wadah promosi untuk menyampaikan segala bentuk informasi keberhasilan pembangunan.

“Pekan Raya Lampung sebagai etalase kolaborasi untuk menunjukkan capaian pembangunan pelayanan publik promosi daerah,” pungkasnya.(A)

Berita ini 9 kali dibaca

Share :

Baca Juga

DAERAH

Kepala BAPPEDA Lambar jadi Narasumber di Provinsi Jawa Timur

DAERAH

Kunjungi Pasar,Personil Koramil 10/Wuryantoro Berikan Himbauan 5M

DAERAH

Pelaku Curas HP di Jalan Tiyuh Pagar Dewa Berhasil Ditangkap Polisi

DAERAH

Patroli Protekes, Babinsa Koramil 04/Nguntoronadi Ajak Warga Disiplin Memakai Masker

DAERAH

Tak Ada Perbedaan, TNI Dan Warga Nikmati Makan Siang Bersama di Lokasi TMMD

DAERAH

Pemerintahan Kab Lambar Salurkan Bantuan Beras Kepada 164 KK Terdampak PPKM Darurat

DAERAH

Pemkab Lambar Menyelenggarakan Bimtek Penyusunan Meta Data Statistik Sektoral Tahun 2023

DAERAH

Kunjungi Dapur Warga, Wujud Perhatian Babinsa Koramil 410-05/TKP