Home / DAERAH / Nasional / Pemerintahan

Minggu, 8 Oktober 2023 - 18:16 WIB

Pj Gubernur Sumsel Undang Seluruh Bupati/Walikota Serta Forkopimda Bahas Karhutla

PALEMBANG : jarilampung.com– Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni memberikan atensi khusus kepada penanganan dan pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) di wilayah Sumatera Selamatan (Sumsel). Oleh karena itu, Fatoni mengundang Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Provinsi, Bupati/Walikota se-Sumsel, Forkopimda Kabupaten/Kota dan perusahaan yang terkait untuk membahas karhutla.

Hadir pada pertemuan Rakor tersebut diantaranya Pj. Gubernur Sumsel, Pangka II/Sriwijaya, Kapolda Sumsel, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumsel, Wakil Ketua DPRD, Provinsi, Danlanal, Danlanud, Dandim, Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri se-Sumsel.

Baca Juga :  Takziah dan Kirim Doa di Rumah Duka Alm Hj. Asmara Lela, Bacagub Hanan Ucapkan Terimakasih Atas Doa Kepada Almarhumah

“Hari ini kita kumpul untuk mencari solusi penanganan Karhutla. Ini bentuk komitmen bersama menyelesaikan kebakaran yang belakangan dirasakan masyarakat dampaknya,” ujar Fatoni saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sumsel di Auditorium Graha Bina Praja, Kamis (5/10/2023).

Fatoni menegaskan hal yang sangat memungkinkan dilakukan kepala daerah dalam percepatan penanganan Karhutla ini adalah segera menyediakan anggaran penanganan Karhutla. Dia menyebut sebenarnya anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) bisa digunakan dalam keadaan darurat.

Baca Juga :  Malam Tahun Baru, Alun-Alun Wonogiri Ditutup

“Pemerintah daerah dapat melakukan pengeluaran yang belum tersedia anggarannya, termasuk belanja untuk keperluan mendesak yang kriterianya ditetapkan dalam Peraturan Daerah tentang APBD,” ujar Fatoni.

Selain membahas soal alokasi anggaran, dalam rapat tersebut Fatoni juga sudah meminta agar semua pihak berkontribusi aktif membantu percepatan penanganan Karhutla di daerah.

“Penanganan karhutla harus terpadu, sinergi dan terencana karena ini tanggung jawab kita bersama,” kata Fatoni.

“Kami memerlukan peran aktif seluruh stakeholder terkait dalam pengendalian karhutla di Sumsel,” Sambungnya. (*)

Berita ini 32 kali dibaca

Share :

Baca Juga

DAERAH

Petugas TNI Polri Gelar Operasi Yustisi Diterminal Dan Pasar

DAERAH

Peduli Kesehatan Warga, Satgas TMMD Membangun Posyandu Di Kampung Pidada

DAERAH

Polres Tulang Bawang Tangkap Bandar Narkotika di Dente Teladas

DAERAH

Pemkab Lambar Mulai Menyusun RKPD Tahun 2024

DAERAH

KPK, Kemendagri, KemenPAN-RB, dan Kemenkominfo Launching SIPD sebagai Aplikasi Umum Bagi Pemda

DAERAH

Meski Cuaca Tak Mendukung, Tak Menyurutkan Antusias Warga Dapatkan Vaksin Covid-19

DAERAH

Pelelangan Bawang Lebak Lebung Tiyuh Pagar Dewa

DAERAH

Wujudkan Lingkungan Bersih Dan Bebas Corona, Babinsa Keprabon Laksanakan Kerja Bakti