Home / DAERAH

Selasa, 12 September 2023 - 18:08 WIB

Warga Tiyuh Kibang Yekti Jaya Mengeluh Keberadaan Kandang Ayam

Tubaba : jarilampung.com– Beberapa Warga Tiyuh/Desa Kibang Yekti Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung mengeluhkan keberadaan usaha ternak ayam petelur, karena kandang ayam tersebut menimbulkan bau tak sedap dan banyak lalat sehingga warga merasa tidak nyaman khawatir dengan kesehatan keluarga.

Keberadaan kandang Ayam petelur yang populasinya mencapai tujuh ribu ekor (7000) tepat berada di belakang rumah pemukiman warga hanya berjarak perbatasan dinding tembok saja. (12/9/2023).

Selanjutnya beberapa warga seputaran kandang Ayam tersebut menyampaikan berbagai macam keluhan dan khawatir terhadap kesehatan keluarganya, seperti ET, RM, TT, DN, dan HN semuanya mengatakan hal yang sama bau dan lalat.

Baca Juga :  Diduga Angin Puting Beliung Amuk puluhan Rumah Warga Tiyuh PJU

“Kami sangat merasa terganggu dan tidak nyaman dengan keberadaan kandang ayam terlalu dekat dengan rumah warga, tentu saja menimbulkan bau tak sedap dan banyak lalat, dikhawatirkan nanti berdampak pada kesehatan keluarga, kalau pas pagi kita buka pintu langsung sangat bau sekali, apalagi saat musim hujan lalatnya luar biasa pada hinggap dimana-mana takutnya bawa penyakit,” ungkap para warga yang ada di seputaran kandang.

Baca Juga :  Kompak...!!! TNI-POLRI Bersama FKPPI 1135 Surakarta Bagi-bagi Takjil Jelang Berbuka Puasa

Kemudian mereka pun berharap kepada pemerintah Tiyuh setempat dan Dinas instansi terkait untuk menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan mereka.

” Kami juga berharap kepada pemerintah Tiyuh dan Pemerintah Daerah Tubaba melalui Dinas instansi terkait menindaklanjuti keluhan kami, kami minta kandang Ayam tersebut dipindahkan lebih jauh lagi dari pemukiman rumah warga sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga kami nyaman terhindar dari pencernaan udara dan lalat,” ucap Et dan Tt. (S)

 

Berita ini 174 kali dibaca

Share :

Baca Juga

DAERAH

Wakili Danramil, Peltu Dedy Hadiri Rakor Persiapan Pelaksanaan Seleksi Pengisian Perangkat Desa

Bandar Lampung

Tingkatkan Deteksi Dini dan Cegah Dini Jelang Nataru 2022, Koramil 410-01/Panjang Laksanakan Bina Mitra Karib

Bandar Lampung

Kolaborasi Wujudkan Lingkungan Yang Bersih Serta Bebas Dari Polusi

DAERAH

Bupati Lampura Menghadiri Peresmian Rumah Restorative Justice

DAERAH

Pemerintah Pusat Berupaya Menanggulangi Kelangkaan Minyak Goreng

DAERAH

Begini Tugas Dan Tanggung Jawab Seorang Babinsa Di Wilayah

DAERAH

Tingkatkan Kinerja, Kapolres Tulang Bawang Barat Gelar Coffee Morning

DAERAH

Kontroversi Peraturan Bupati, Ketua PWI Tubaba minta evaluasi. Begini Tanggapan Pemkab